Rabu, 08 Januari 2014



PENGERTIAN LAN ,MAN ,WAN DAN INTERNET 



LAN  adalah jaringan computer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil ; seperti jaringan computer kampus , gedung ,kantor ,dalam rumah ,sekolah atau yang lebih kecil .Saat ini ,kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch .yang mempunayi kecepatan transfer data 10,100 ,atau 1000 Mbt/s.Selain teknologi Ethernet , Saat ini teknologi 802,11b ( atau biasa disebut Wifi) juga sering digunakan untuk membentuk  LAN .Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hostspot.

WAN adalah singkatan dari istilah teknologi informasi dalam bahasa inggris: Wide Area Network merupakan jaringan computer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan computer antar wilayah,  kota atau bahkan Negara , atau dapat didefiniskan juga sebagai jaringan computer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.

Wan digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain , sehingga pengguna atau kompuer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan computer di lokasi yang lain .

MAN

Metropolitan area network atau disingkat dengan MAN. Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepaMetropolitan area network atau disingkat dengan MAN. Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.
INTERNET
Intranet  adalah  sebuah  jaringan  computer  berbasis  protokol  TCP /IP  seperti  internet  hanya saja  digunakan  dalam  internal  perusahaan,  kantor,  bahkan  warung  internet  (WARNET)  pun  dapat  di  kategorikan  Intranet.  Antar  Intranet  dapat  saling  berkomunikasi  satu  dengan yang  lainnya  melalui  sambungan  Internet  yang  memberikan  tulang  punggung  komunikasi jarak  jauh.  Akan  tetapi  sebetulnya  sebuah  Intranet  tidak  perlu  sambungan  luar  ke  Internet untuk  berfungsi  secara  benar.  Intranet  menggunakan  semua  protocol  TCP /IP Protokol TCP /IP, alamat  IP, dan  protocol  lainnya),  klien  dan  juga  server.  Protokol  HTTP dan  beberapa protocol  Internet  lainnya  (FTP,  POP3,  atau  SMTP)  umumnya  merupakan  komponen protocol  yang  sering  digunakan.  Sebuah  intranet dapat  dipahami  sebagai  sebuah  "versi pribadi dari  jaringan  Internet",  atau  sebagai  sebuah  versi  dari  Internet  yang  dimiliki  oleh sebuah  organisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar